CERITA CINTA SAYA DENGAN SEJARAH^__^

Ini bukan artikel ilmiah melainkan sebuah cerita yang hanya dituangkan ke dalam tulisan untuk bernostalgia...ini tentang awal saya menyukai SEJARAH...
saya masih ingat ketika masa kecil tepatnya waktu SD pernah diajak berekreasi ke Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya. Rekreasi ini merupakan wisata perdana ke tempat bersejarah. Meski saya tidak ingat betul bagaimana suasana saat itu, tetapi saya sangat menikmati pengalaman rekreasi di sana..
Kemudian ada satu kebiasaan lagi yang masih terkenang ketika menjelang SMP, saya mulai menyukai membaca buku pelajaran Sejarah SMA punya kakak perempuan saya. Buku itu hampir setiap hari saya baca. Walaupun saya belum dapat menganalisis secara kritis mengenai tulisan di buku tersebut, tetapi entah kenapa saya sangat tertarik dengan isinya bahkan terkadang saya berimajinasi seolah berada di masa lalu. Hmm...ada satu lagi nih kebiasaan yang saya  ingat semasa kecil dan menjelang remaja dulu, saya sangat suka dengan flim-flim kolosal yang berbau masa lalu^__^

Ya, tanpa disadari mungkin hal-hal itu sudah memberikan sinyal bahwa saya memiliki minat yang besar terhadap segala yang berkaitan dengan sejarah. Kesukaan saya dengan sejarah itupun mulai tersalurkan ketika saya duduk di bangku SMP. Diantara berbagai mata pelajaran di sekolah, sejarah menempati posisi pertama sebagai mata pelajaran favorite saya, termasuk juga gurunya:)
Bahkan karena saking minatnya, saya  seringkali menjawab soal-soal Latihan LKS Sejarah lebih dulu sebelum ditugaskan oleh guru. Alhasil dengan adanya minat tersebut, Alhamdulillah nilai sejarah saya pun memuaskan setiap semester.
Ketika memasuki masa-masa SMA minat saya terhadap sejarah semakin besar, bahkan ketika awal kelas X, saya berencana nantinya ingin memilih jurusan ilmu pengetahuan sosial karena saya menilai di kelas ilmu sosial saya dapat mempelajari materi sejarah lebih mendalam dibandingkan di kelas ilmu alam, namun saat itu belum terpikirkan untuk menjadi seorang guru sejarah karena cita-cita awal saya dulu ingin jadi pengusaha atau nantinya kuliah di Fakultas Ekonomi.
Nah kenapa pengen kuliah di FE?, itu karena saya waktu kecil suka berwirausaha^^, tapi kalo mau diceritain panjaaaaang alurnya..hhe, di segment berikutnya aja ya...meski demikian sejarah tetep menjadi ilmu pertama yang saya suka^__^
Ketika SMA, saya juga menyukai mata pelajaran Ekonomi, oleh karena itu hal inilah yang memantapkan niat saya milih jurusan IPS. Pilihan pertama ketika SNMPTN, saya memilih pendidikan Ekonomi Akuntansi dan pendidikan Sejarah. Saya meminta  yang terbaik dari Allah, dan jawabanNya adalah pendidikan Sejarah^__^
Nah kalo ada yang nanya kenapa saya sekarang milih jadi guru sejarah??
Hmm..itu karena cinta yang tumbuh bersama pengalaman saat kuliah,(maaf jawabannya agak dipuitisasi^^), dulu saat kelas XII guru mata pelajaran sejarah saya yang menjadi sumber inspirasi untuk menjadi seorang guru sejarah, meski niat awalnya memang belum kuat tetapi ketika menjalani kuliah keinginan itu semakin menyala. Dari sosok beliau saya menemukan sisi lain dalam mempelajari sejarah, dan beliau pun menjadi guru favorite saya^__^ (hebatnya beliau sekarang menjadi Kepala Sekolah di salah satu SMA Negeri di Palembang).
Semasa kuliah cinta terhadap sejarah inipun kian subur seperti tanaman yang selalu disiram dan dipupuk (loh kok anak biologi nih,hhi). Hal ini karena banyak ilmu dan pengalaman luar biasa yang saya peroleh dari para pengajar di kampus.
Menjadi guru sejarah juga membangun kepribadian dan cara berpikir. Tanpa disadari, ketika setiap mulai mengawali mengajar di kelas  selalu saja ada bahan cerita yang ingin disampaikan kepada siswa, yang berarti menjadikan diri selalu terbiasa dan berani berbicara di depan kelas. Menjadi guru sejarah juga melatih saya untuk siap siaga mencari fakta atau info sejarah yang terpercaya untuk disampaikan kepada siswa sebelum mengajar sehingga saya selalu berusaha menyiapkan bahan ajar sebaik mungkin untuk mereka.
Inilah sepenggal cerita, yang menjadi kenangan cerita cinta saya tentang sejarah, semoga ada hikmahnya..

"Jika kita menyenangi sesuatu maka pelajarilah dengan sungguh-sungguh, agar sesuatu tersebut dapat memberikan hal luar biasa bagi kita di suatu hari nanti"

Terima Kasih Allah telah memilihkan Sejarah untuk hamba,, insyaAllah melalui sejarah hamba akan memberikan pengabdian terbaik untuk pendidikan bangsa^__^

Salam Jasmerah..


0 komentar: