Diskusi KPS Fanspage part 3 (Terpopuler)

Ketika hendak mengajarkan sejarah masa kolonialisme bangsa Eropa di Indonesia kepada adik-adik pelajar,hendakny kita untuk menghindari penggunaan kata penjajahan karena kata tsb membrikan pengaruh konotasi negatif bagi pelajar yg khawatirny mreka akan menafsirkan bahwa bangsa mreka dhuluny adlh bangsa yang lemah&bodoh sehingga dapat dikuasai..hal ini tentu akn terdoktrin pd pemikiran generasi pelajar di masa kini..

bagaimana menurut sobat?setujukah?silahkan share argumennya..

discussKPS
  • 9 orang menyukai ini.
  • Rendy Eko Prasetya truz mw d'ganti ap min?.. kasih penjelasan jg dunk jgn cm bsa nyalahin..
  • Vandim Rahman pada akhirnya pendewasaan dari masing masing pelajar yang menentukan bagaimana mereka menilai bangsanya...
  • KOMUNITAS PECINTA SEJARAH maaf bkn brmksd menyalahkan, ini admin posting brdsrkn pndpt para ahli sejarah yg trjun lgsg di dunia pendidikan..

    ckup kita mengganti dgn kata kolonialisme,yg brarti pndudukan sm sprti bngsa Jepang krn mmg bngsa Eropa jg mndrikan daerah koloni..bngsa kita dahulu tdklah lemah.. krn msh kurangny persatuan antar bngsa&tdk bodoh krn pendidikn krn blm brkembang..
    klo menggunkn kt penjajahan dinilai kurang tepat,krn seolah-olah mbrkn kesan bhw bangsa kita adlh bngsa trpuruk..
  • KOMUNITAS PECINTA SEJARAH @Vandim Rahman,ya setuju dgn pendapatnya^_^

    tk ada salahny kita brusaha mbrikn pemikiran yg lbh tepat sejak dini dr bngku sekolah apalagi dgn adanya upaya penerapan pendidikan karakter bangsa,tentu pelajaran sejarah memiliki peranan yg sgt penting:-)
  • KOMUNITAS PECINTA SEJARAH @Irfan LP,salam historia too^_^
  • Irfan LP Gimna kbarnya semua??? Apakah baik-baik saja..
  • KOMUNITAS PECINTA SEJARAH Alhamdulillah mewakili TIM admin KPS, semua masih baik"saja&tetap semangaat menemani sobat KPS..

    all sobat KPS, bagaimana kabarnya?^_^
  • Irfan LP Btw..
    Ini yang coment dari daerah mana???
  • Loe Moetiara Ammukarromah Menjadi Guru Sejarah itu harus kreatif,jangan membuat anak2 jenuh!
  • Afan Refanol Tetap disebut Penjajah juga baik kok,..biar generasi muda punya jiwa patriot, jiwa pahlawan, berani melawan penjajahan!! Maknanya lbh tegas dan jelas,..penjajahan hrs dilawan! Tergantung pendekatan dan penyampaian aja yg perlu di rubah, dan jgn lupa utk terus mengobarkan semangat Nasionalisme, bkn malah menyanjung bangsa penjajah sprti yg skrg byk kita saksikan dimana mana...
  • A.h. Mufadillah Inti dari Kolonialisme adalah penghisapan SDA tanpa sisa, itu yang harus dilawan.
  • Hazriani setahu kita...mengapa belanda disebut dengan penjajahan..sedangkan jepang disebut pendudukan..yang pernah berkuasa di indonesia..

    Penjajahan,relatif waktunya lama.walaupun tidak dapat digeneralisasi secara umum..

    Pendudukan untuk waktu relatif singkat...

    adapun kolonialiasme...pun ada yang membedakannya dengan imperialisme..

    Tapi bagaimanapun juga...Penjajahan..lebih familiar sepertinya digunakan daripada kolonialisme...

    dengan adanya penjajahan..biasanya ada dari perlawanan..dari versi rakyat..yang dijajah..Sedangkan versi penjajah mungkin saja bukan dianggap perlawanan tapi pemberontak..yang kesannya negatif...padahal?

    Begitulah..kalau versi..barat tertentu...sengaja/tidak sengaja mendeskritkan...sesuatu...
    Apakah dengan sebutan bangsa bar-bar..yang ditujukan daerah jajahan...tertentu...padahal?
  • Wahyu Anindya Purwantanaya Karna q ngajar ditingkat dasar q pilih gunakan kata penjajahan deh karna ditingkat dasar anak2 masih sulit mencerna maksud dr kata kolonial, lebih familiar kata penjajahan dan semangatnyapun lbh mengena
  • Diah Naat Zakir Penjajahan meliputi segenap lini kehidupan, inilah yang dilakukan belanda dulu. Tak salah kita menyebut penjajah agar sejak awal anak didik kita sadar bahwa penjajahan bisa berlaku kapan saja. Bahkan ketika mereka masuk ke jenjang pendidikan menengah, semakin bertambah pula pemahaman mereka tentang penjajahan. Setidaknya peserta didik akan bisa membuat perbandingan pada masa kini bahwa penjajahan juga masih ada. Sejarah itu memiliki orientasi masa lalu, kini dan masa yang akan datang. Pembodohan memang sudah menjadi warisan penjajah
  • KOMUNITAS PECINTA SEJARAH

0 komentar: