Tokoh Paling Berpengaruh Dalam Agama dan Peradaban Manusia


Dari buku The 100 merupakan buku karya Michael H. Hart yang diterbitkan pada tahun 1978, terdapat beberapa tokoh dunia yang berpengaruh dalam peradaban manusia dan perkembangan agama. Meski buku secara hangat diperdebatkan, konsep bukunya secara luas ditiru. Penting untuk dicatat bahwa Dr. Hart tidak memasukkan orang terbesar. Kriterianya ialah yang berpengaruh. Nabi Muhammad Saw adalah orang ke-1 dalam buku 100 orang yang paling sejarah karena Nabi Muhammad waktu itu menuju jalan cahaya.

Bukunya secara hangat diperdebatkan konsep bukunya secara luas ditiru. Penting untuk dicatat bahwa Dr. Hart tak memasukkan orang terbesar. Kriterianya ialah berpengaruh. Buku ini dicetak kembali pada 1992 dengan beberapa revisi nyata terhadap daftar urutan 100 dan pangkat luar biasa mereka. tokoh ini adalah manusia yang paling berpengaruh di muka bumi dan akan menentukan kehidupan manusia di masa depan dengan baik.

Hart menyusun daftar urut (peringkat) seratus tokoh dengan argumentasi yang meyakinkan, tetapi juga mengundang perdebatan. Apa alasan Hart menempatkan Nabi Muhammad pada peringkat pertama? Mengapa pula Nabi Isa menempati peringkat ke-3, sedangkan Isaac Newton peringkat ke-2, John F. Kennedy termasuk ke dalam seratus tokoh, tetapi mengapa Mahatma Gandhi tidak? Siapa yang lebih berpengaruh, Karl Marx atau Kong Hu-Cu? `Umar bin Khattab atau Alexander yang Agung?
Inilah Tokoh Paling Berpengaruh Dalam Peradaban Manusia dan Agama Versi M Hart

Nabi Muhammad SAW, Manusia Paling Berpengaruh Sepanjang Sejarah Manusia. Penyebar agama Islam, penguasa Arabia, mempunyai karir politik dan keagamaan yang luar biasa, namun tetap seimbang dan serasi, mengakibatkan Nabi Muhammad memiliki banyak pengikut, dan juga menjadi panutan seluruh masyarakat dunia hingga saat ini.
Nabi Isa atau Yesus, Pemimpin Umat Yang Paling Berpengaruh Dalam Peradaban Manusia
Nabi Musa: Nabi terbesar Yahudi
Siddhartha Gautama (Buddha): Pendiri agama Buddha
Kong Hu Cu, Pendiri agama Kong Hu Cu
Santo Paulus: Penyebar ajaran Kristen
Constantine yang Agung: Kaisar Romawi yang menjadikan agama Kristen sebagai agama resmi negara
Martin Luther: Pendiri agama Protestan dan aliran Lutheran
Karl Heinrich Marx: Bapak Komunisme
John Locke: Filsuf dan Teolog liberal
Umar bin al-Khattab: Khalifah Ar-Rasyidin kedua, memperluas Daulah Khilafah Islamiyah. Penerus cita-cita Nabi Muhammad SAW.
Paus Urbanus II: Penyeru Perang Salib
Asoka, Kaisar Budha Yang Bersinar Terang Raja IOndioa yang mengembangkan agama budha
Aurelius Agustinus, Tokoh Pembaharuan Kekristenan Barat
John Calvin, Tokoh Reformasi Gereja dan Teologi Kristen Calvinisme
Josef Stalin, Pemimpin Komunis Uni Sovyet Yang Lalim
Lao Tzu, Ahli filsafat Pendiri Taoisme
Mani, Nabi Di Jaman Persia Kuno
Mensius, Filsuf Penerus Ajaran Khong Hu Cu
Zarathustra, Nabi di Jaman Persia Kuno
Ratu Elizabeth I: Ratu Inggris, memperbaiki Gereja Inggris setelah Ratu Mary
Charlemagne, Pendiri Kekaisaran Romawi Suci
Mahavira, Pahlawan besar Pendiri Jainisme

Sumber : 100 Tokoh Paling Berpengaruh Dalam Sejarah Hidup Manusia Michael H. Hart. 1978, wikipedia dan berbagai sumber lainnya

0 komentar: