TERJEMAHAN Biografi MAHATMA GANDHI

Ketika di London ia bersumpah tidak akan makan daging dan minum alkohol. Dia menunjuk kepada salah satu rumah makan vegetaris di London. Dia turut serta dalam Masyarakat Vegetaris, dipilih olehj panitia eksekutifnya. Dia kembali ke India sesudah dipanggil ke bar Inggris dan Wales di samping Inner Temple, tetapi sudah membatasi keberhasilan salam mendirikan praktek pengacara di Bombay. Kemudian setelah berlaku dan ditolak untuk pekerjaan parujh waktu sebagai seorang guru sekolah tinggi, dia akhirnya kembali ke Rajkot untuk membuat petisi membagan yang hidup yang sedang bagi penggugat, tetapi terpaksa untuk dekat menjatuhkan perusahaan itu juga ketika dia berlari afoul seorang perwira Inggris. Di autobiografinya, dia menggambarkan insiden ini sebagai sejenis percobaan melobi yang gagal atas nama saudara laki-lakinya yang lebih tua.
          Prestasi utama Gandhi terjadi pada 1918 dengan krisis Champaran dan Kheda Satyagraha, walaupun yang terkahir dalah nila dan hasil bumi untuk dijual lain lebih baik daripada makanan memotong perlu untik kelangsungan hidup mereka. Tertekan oleh milisi bapak kos (umumnya Inggris)
, mereka diberi kompensasi yang sangat sedikit, membiarkan mereka ditaruh di lumpur dalam kemiskinan ekstrim. Desa tetap teramat kotor fan tidak higienis dan alkoholisme, untouchability merajalela. Keadaan semakin memprihatinkan, saat orang Inggris mengenakan pajak menindas yang diwajibkan kepada mereka. Situasi ini sangat menyedihkan. Di Khaeda dan Gujarat terjadi masalah yang sama. Gandhi mendirikan sanggar di sana, penyelenggara berkodi-kodi pendukung veteran dan sukarelawan dari daerah. Ia mengadakan organized studi dan survei terperinci desa, menerangkan kekejaman dan episode penderitaan yang mengerikan termasuk negara bagian umumnya berkondisi buruk akibat kebijakan Inggris tersebut.
          Untuk menambah keyakinan orang desa, dia mulai menuntun pembersihan desa, pembangunan sekolah dan rumah sakit serta menganjurkan pimpinan desa untuk melepaskan dan mengutuk banyak kejahatan sosial. Tetapi dampak utamanya terjadi ketika ia ditangkap oleh polisi atas kejadian kerusuhan yang kemudian diperintahkan untuk meninggalkan provinsi. Ratusan ribu orang memprotes dan mengerahkan aksi unjuk rasa di luar penjara, kantor polisi dan pengadilan yang menuntut pembebasan Gandhi, namun pengadilan tidak mengabulkan tuntutan itu.
          Gandhi memimpin organized memprotes dan pergi melawan bapak kos, yang dengan bimbingan pemerintah Inggris, menandatangani persetujuan yang memberi petani miskin daerah lebih banyak kompensasio dan kontrol tentang bertani, serta pembatalan jalannya pendapatan dan koleksinya hingga kelaparan berakhir. Selama kejadian krisis ini, gandhi disapa oleh penduduk setempat sebagai Bapu (Bapak) dan Mahatama (Great Soul). Di Kheda, Sardar Patel mewakili petani dalam perundingan dengan orang Inggris, yang menangguhkan pendapatan koleksi dan melepaskan semua tawanan. Akibatnya, kemashyuran Gandhi menjalar di seluruh bangsa. Non-kerjasama dan perlawanan damai adalah “senjata” Gandhi dalam perjuangan melawan ketidakadilan. Di Punjab, pembataian masal Jallianwala Bagh penduduk sipil oleh tentara Inggris menyebabkan taruma mendalam bagi bangsa, memimpin sampai kemarahan dan bertambahnya perbuatan kekerasan. Gandhi mengecam baik tindakan British Raj maupun kekerasan balasan orang India.
          Dia mengarang belasungkawa persembahan pemecahan kepada korban penduduk sipil Inggris dan mengutuk kerusuhan, yang sesudah tantangan pertama di partai, disetujui mengikuti pidato emosional Gandhi yang menganjurkan prinsipnya bahwa semua kekerasan dalah kejahatan dan tidak bisa dibenarkan. Tetapi sesudah maal dan kekerasan berikut yang dipusatkan oleh pikiran Gandhi di atas mendapatkan penyelesaian sendiri oleh pemerintah dan kontrol semua lembaga pemerintah India, menjadi dewasa segera ke dalam Swaraj atau menyelesaikan perseorangan, rohani, kemerdekaan politik. Pada Desember 1921, Gandhi diberi kekuasaan eksekutif atas nama Kongres Nasional India. Di bawah pimpinannya, Kongres ialah reoganized dengan sebuah undang-undang dasar baru, disertai cita-cita Swaraj. Keanggotaan di partai terbuka bagi siapa saja yang siap membayar biaya pengganti mata uang.
          Hirarki panitia dibentuk untuk memperbaiki disiplin, mengubah partai dari organisasi elite sampai satu yang ada permohonan dari massa nasional. Gandhi memperluas panggung tindakan tanpa kekerannya untuk termasuk Swadeshi kebijakan boikot barang-barang buatan luar negeri, terutama barang-baranag Inggris. Sehubungan dengan ini adalah advokasinya bahwa Khadi(kain tenunan rumah) dipakai oleh semua orang India lebih baik daripada bahan tekstil yang dihasilkan oleh Inggris. Gandhi mendorong laki-laki dan wanita India, kaya atau miskin, untuk melewatkan waktu sehari yang berputar khadi di bantuan gerakan kemerdekaan. Upaya ini merupakan strategi untuk menanamakan disiplin dan pengabdian untuk menyingkirkan yang tak rela dan ambisius, serta memasukkan wanita dalam gerak-gerik pada waktu ketika banyak berpikir bahwa aktivitas seperti itu adalah aktivitas terhormat bagi wanita. Disamping memboikot produk Inggris, Gandhi mendesak orang untuk memboikot lembaga dan pengadilan kependidikan Inggris, mengundurkan diri dari pekerjaan pemerintah dan meninggalkan hak serta kehormatan Inggris. “Non-kerjasama” menikmati tersebar luas permohonan dan keberhasilan, kegemparan meningkat dan partisipasi dari semua lapisan masyarakat India. Ketika baru saja selama gerak-gerik mencapai puncaknya, berakhir dengan tiba-tiba akibat bentrokan keras di kota Chauri Chaura, Uttar Pradesh, pada Februari 1922.
          Khawatir bahwa gerak-gerik baru saja ingin mengambil antisipasi terhadap kekerasan, diyakinkan bahwa ini akan menyebabkan terhapus seluruh kerjanya, Gandhi menghentikan kampanye ketidakpatuhan sipil massal. Gandhi ditangkap pada 10 Maret, 1922, diadili akibat ada hasutan dari pihak luar, dan dijahi hukuman penjara selama enam tahun. Dia dilepaskan pada 4 Februari 1924 sesudah pelaksanaan untuk radang usus buntu. dengan tidak dapat dipersatukan kepribadian oleh Gandhi, Kongres Nasional India mulai menyerpih selama bertahun-tahun pada penjara, lalu pecah menjadi dua fraksi, yakni satu memimpin dan partisipasi partai lebih menyukai Chitta Ranjan Das dan Molital Nehru di badan pembuat undang-undang, dan yang lain dipimpin oleh Chakravarti Rajagopalachari dan Sardar Vallabhbhai Patel, menentang langkah ini. Selanjutnya,terjalin kerjasama antara hindus dengan orang muslim, yang sudah kuat di puncak kampanye tindakan tanpa kekerasan. Gandhi mencoba mejembatani perbedaan ini lewat banyak cara, termasuk puasa tiga minggu pada musim gugur 1924, tetapi dengan keberhasilan terbatas.
          Gandhi menjauhkan diri dari pusat perhatian untuk kebanyakan 1920s, lebih suka memecahkan baji di antara Swaraj Party dan Kongres Nasional India, dan memperluas inisiatif terhadap untouchability, alkoholisme, ketidaktahuan dan kemiskinan. Dia kembali ke yang depan 1928. Tahun lalu,sudah mengangkat komisi perbaikan konstutusional yang baru di bawah Sir John Simon, dengan tidak ada satu orang India yang memiliki jabatan. Hasil boikot komisi oleh partai poltik India. Gandhi mendesak lewat pemecahan di Calcutta Congress pada Desember 1928 mempersilahkan pemerintah Inggris untuk memberi status dominion India atau muka kampanye baru tindakan tanpa kekerasan dengan kemerdekaan sebenarnya untuk negara sebagai cita-citanya.
          Gandhi tak hanya telah meredakan pemandangan laki-laki yang lebih muda seperti Has Chandra Bose dan Jawaharlal Nehru, yang meminta permintaan untuk kemerdekaan segera, tetapi juga mengubah menilponnya sendiri samapi masa menunggu satu tahun, lebih baik daripada dua. Orang Inggris tidak menganggapinya. Pada 31 Desember 1929, bendera India dibentangkan di Lahore. Pada 26 Januari 1930 dirayakan oleh Kongres Nasional India, bertemu di Lahore, sebagai hari kemerdekaan India. Hari tersebut hampir diperingati oleh setiap organisasi di India.
          Menempati katanya, Gandhi meluncurkan Satyagraha melawan pajak atas garam pada Maret 1930, disoroti oleh Pelaut ulung terkenal yang Maret kepada Dandi sejak 12 Maret samapai 6 April, menyuruh 400 kilometer pergi(248 mil) dari Ahmedabad kepada Dandi, untuk membuat garam sendiri. Ribuan orang India menghubungkannya atas baris ini samapai laut. Kampanye ini adalah salah satunya paling berhasil dalam mengganggu kekuasaan Inggris (Britan)menjawab dengan memenjarakan di atas 60.000 orang. Pemerintah yang diwakili oleh Lord Erward Irwin, mengambil keputusan untuk melakukan perundingan dengan Gandhi. Perjanjian Gandhi-Irwin ditandatangani pada Maret 1931. pemerintah Inggris menyetujui membebaskan semua tawanan politik untuk sistem penggantungan roda gerak-gerik ketidakpatuhan sipil. Selanjutnya, Gandhi dipersilahkan menghdiri Konferensi Meja Bundar di London sebagai satu-satunya wakil Kongres Nasional India. Konferensi merupakan kekecewaan kepda Gandhi dan orang nasionalis, sewaktu memusatkan pikiran pada pangeran India dan minoritas India daripada serah teriam tenaga. Selanjutnya, pengganti Lord Irwin, Lord Willingdon, memulai kampanye baru penindasan melawan orang nasionalis.
          Gandhi ditangkap dan pemerintah berusaha menghancurkan pengaruhnyadan benar-benar mengisolasikannya dari pengikutnya. Taktik ini tidak berhasil. Pada tahun 1932, lewat aksi kampanye yang dipimpin Dalit B. R. Ambedkar, pemerintah memberi untouchables memisahkan pemilih di bawah undang-undang dasar baru. Dia menyanggah, Gandhi memulai puasa enam hari pada September 1932, dengan berhasil memaksa pemerintah untuk mengambil perjanjian yang lebih merata via perundingan menengahi oleh Dalit Cricketer menjadi pemimpin politik Palwankar Baloo. Ini merupakan permulaan kampanye baru oleh Gandhi untuk memperbaiki jiwa untochaebles, yang disebutnya Harijans, anak Tuhan. Pada 8 Mei, 1933 Gandhi memulai puasa 21 hari pembersihan diri sendiri untuk menolong gerak-gerik Harijan.
          Gandhi mendedikasikannya hidupnya dengan tujuan diketahuinya kebenaran secara lebih luas, atau Satya. Dia mencoba mencapai ini dengan mendapat pelajaran dari kesalahannya sendiri dan mengadakan eksperimen pada diri sendiri. Dia menganggap autobiografinya Cerita Eksperimen Saya dengan Kebenaran. Gandhi menyebutkan bahwa pertempuran yang paling penting sampai perjuangan melanda setannya sendirin, ketakutan, dan kegelisahan. Gandhi meringkaskan kepercayaannya terlebih dulu ketika ia mengatakan “Tuhan adalah Kebenaran”. Dia nanti akan mengubah pernyataan ini samapi “Kebenaran adalah Tuhan”. Dengan begitu, Satya (Kebenaran) di filsafat Gandhi adalah Tuhan.
Konsep tindakan tanpa kekersan (Ahimsa) memilliki sejarah panjang di pemikiran agama India dan sudah banyak memiliki kebangkitan kembali di Hindu, Budha, Jain, konteks Yahudi dan Kristen. Gandhi menerangkan filsafat dan cara hidupnya di autobigrafinya Cerita Eksperimen Saya dengan Kebenaran. Gandhi tidak menolak keras dari membawa mereka ke ekstrem mereka yang logis. Pada 1940 ketika serbuan Kepulauan Inggris oleh Nazi Germany nampak dekat, Gandhi menawari pengikut-pengikut penasehat kepada orang Inggris. Gandhi tahu bahwa derajat tindakan tanpa kekerasan ini memerlukan kepercayaan dan keberanian luar biasa, yang ia sadari tidak ada satupun orang jahat. Oleh karena itu beliau menasehatkan bahwa setiap orang tidak perlu merngikutu tindakan tanpa kekerasan, khusunya jika dipakai sebagai tutup untuk tindakan pengecut.
Gandhi sebagai seorang anak muda, mengadakan percobaan dengan makan daging. Hal ini disebabkan oleh keingintahuannya yang tidak terpisahkan serta teman sebayanya yang cukup persuasif dan teman Syekh Mehtab. Gagasan vegetarianisme secara mendalam engrained pada tradisi Hindu dan Jain di India, dan di negeri aslinya di Gujarat, kebanyakan Hindus vegetaris. Keluarga Gandhi tidak terkecuali. Sebelum pergi untuk studinya di London, Gandhi berjanji kepada ibunya, Putlibai dan pamanya, Becharji Swami bahwa dia akan berpantang dari makanan daging. Mengambil alkohol, dan terlibat dalam kebinalan. Dia memegang dengan cepat teguh janjinya dan mendapat lebih dari diet, dia mendapat dasar untuk filsafat hidup-panjangnya. Sewaktu gandhi cukup besar untuk dewasa, dia menjadi seorang vegetarian streng.
Dia menulis buku “Dasar Moril Vegetarianisme” dan beberapa artikel tau subyek, beberapa diantaranya diterbitkan di penerbitan Masyarakat Vegetaris London, Vegetarian. Gandhi sendiri menjadi seseorang yang diilhami oleh banyak pikiran luar biasa selama titik ini dan menemani ketua Masyarakat Vegetaris London, Dr. Josiah Olfield.
Gandhi bersungguh-sungguh percaya bahwa orang yang dilibatkan di Industri Jawa sosial sebaiknya menempuh hidup sederhana yang pikirnya bisa menuju ke Brahmacharya (kontrol pengertian pada pemikiran, kata dan perbuatan). Gandhi dilahirkan sebagai beragama Hindu dan practised Hinduism seluruh hidupnya, berasal dari kebanyakan prinsipnya dari Hinduism. Sebagai Hindu kebanyakan, dia percaya kepada semua agama untuk menjadi setara, dan menolak semua usaha untuk mengubahnya sampai kepercayaan berbeda.
Kebanyakan sumber, seperti Dutta dan Rabindranath Tagore Robinson: Antologi menyebutkan bahwa Rabindranth Tagore memberi hak Mahatma kepada Gandhi. Sumber lain menyebutkan bahwa Nautamlal Bhagavanji Mehta memberinya hak ini pada 21 Januari 1915. Namun di autobiografinya, Gandhi menerangkan bahwa dia tidak pernah merasa terhormat. Menurut manpatra, nama Mahatma diberi sebaga tanda jasa pengorbanan serta perjuangan yang mengagumkan dalam menegakkan kebenaran dan keadilan.

0 komentar: