TERJEMAHAN Biografi MAHATMA GANDHI
Ketika
di London ia
bersumpah tidak akan makan daging dan minum alkohol. Dia menunjuk kepada salah
satu rumah makan vegetaris di London.
Dia turut serta dalam Masyarakat Vegetaris, dipilih olehj panitia eksekutifnya.
Dia kembali ke India sesudah
dipanggil ke bar Inggris dan Wales
di samping Inner Temple,
tetapi sudah membatasi keberhasilan salam mendirikan praktek pengacara di Bombay. Kemudian setelah
berlaku dan ditolak untuk pekerjaan parujh waktu sebagai seorang guru sekolah
tinggi, dia akhirnya kembali ke Rajkot untuk membuat petisi membagan yang hidup
yang sedang bagi penggugat, tetapi terpaksa untuk dekat menjatuhkan perusahaan
itu juga ketika dia berlari afoul seorang perwira Inggris. Di autobiografinya,
dia menggambarkan insiden ini sebagai sejenis percobaan melobi yang gagal atas
nama saudara laki-lakinya yang lebih tua.
Prestasi utama Gandhi terjadi pada
1918 dengan krisis Champaran dan Kheda Satyagraha, walaupun yang terkahir dalah
nila dan hasil bumi untuk dijual lain lebih baik daripada makanan memotong
perlu untik kelangsungan hidup mereka. Tertekan oleh milisi bapak kos (umumnya
Inggris)
,
mereka diberi kompensasi yang sangat sedikit, membiarkan mereka ditaruh di
lumpur dalam kemiskinan ekstrim. Desa tetap teramat kotor fan tidak higienis
dan alkoholisme, untouchability merajalela. Keadaan semakin memprihatinkan,
saat orang Inggris mengenakan pajak menindas yang diwajibkan kepada mereka.
Situasi ini sangat menyedihkan. Di Khaeda dan Gujarat
terjadi masalah yang sama. Gandhi mendirikan sanggar di sana, penyelenggara berkodi-kodi pendukung
veteran dan sukarelawan dari daerah. Ia mengadakan organized studi dan survei
terperinci desa, menerangkan kekejaman dan episode penderitaan yang mengerikan
termasuk negara bagian umumnya berkondisi buruk akibat kebijakan Inggris
tersebut.
Untuk menambah keyakinan orang desa,
dia mulai menuntun pembersihan desa, pembangunan sekolah dan rumah sakit serta
menganjurkan pimpinan desa untuk melepaskan dan mengutuk banyak kejahatan
sosial. Tetapi dampak utamanya terjadi ketika ia ditangkap oleh polisi atas
kejadian kerusuhan yang kemudian diperintahkan untuk meninggalkan provinsi.
Ratusan ribu orang memprotes dan mengerahkan aksi unjuk rasa di luar penjara,
kantor polisi dan pengadilan yang menuntut pembebasan Gandhi, namun pengadilan
tidak mengabulkan tuntutan itu.
Gandhi memimpin organized memprotes
dan pergi melawan bapak kos, yang dengan bimbingan pemerintah Inggris,
menandatangani persetujuan yang memberi petani miskin daerah lebih banyak
kompensasio dan kontrol tentang bertani, serta pembatalan jalannya pendapatan
dan koleksinya hingga kelaparan berakhir. Selama kejadian krisis ini, gandhi
disapa oleh penduduk setempat sebagai Bapu (Bapak) dan Mahatama (Great Soul).
Di Kheda, Sardar Patel mewakili petani dalam perundingan dengan orang Inggris,
yang menangguhkan pendapatan koleksi dan melepaskan semua tawanan. Akibatnya,
kemashyuran Gandhi menjalar di seluruh bangsa. Non-kerjasama dan perlawanan
damai adalah “senjata” Gandhi dalam perjuangan melawan ketidakadilan. Di
Punjab, pembataian masal Jallianwala Bagh penduduk sipil oleh tentara Inggris
menyebabkan taruma mendalam bagi bangsa, memimpin sampai kemarahan dan
bertambahnya perbuatan kekerasan. Gandhi mengecam baik tindakan British Raj
maupun kekerasan balasan orang India.
Dia mengarang belasungkawa persembahan
pemecahan kepada korban penduduk sipil Inggris dan mengutuk kerusuhan, yang
sesudah tantangan pertama di partai, disetujui mengikuti pidato emosional
Gandhi yang menganjurkan prinsipnya bahwa semua kekerasan dalah kejahatan dan
tidak bisa dibenarkan. Tetapi sesudah maal dan kekerasan berikut yang
dipusatkan oleh pikiran Gandhi di atas mendapatkan penyelesaian sendiri oleh
pemerintah dan kontrol semua lembaga pemerintah India, menjadi dewasa segera ke
dalam Swaraj atau menyelesaikan perseorangan, rohani, kemerdekaan politik. Pada
Desember 1921, Gandhi diberi kekuasaan eksekutif atas nama Kongres Nasional
India. Di bawah pimpinannya, Kongres ialah reoganized dengan sebuah
undang-undang dasar baru, disertai cita-cita Swaraj. Keanggotaan di partai
terbuka bagi siapa saja yang siap membayar biaya pengganti mata uang.
Hirarki panitia dibentuk untuk
memperbaiki disiplin, mengubah partai dari organisasi elite sampai satu yang
ada permohonan dari massa
nasional. Gandhi memperluas panggung tindakan tanpa kekerannya untuk termasuk
Swadeshi kebijakan boikot barang-barang buatan luar negeri, terutama
barang-baranag Inggris. Sehubungan dengan ini adalah advokasinya bahwa
Khadi(kain tenunan rumah) dipakai oleh semua orang India lebih baik daripada bahan
tekstil yang dihasilkan oleh Inggris. Gandhi mendorong laki-laki dan wanita India,
kaya atau miskin, untuk melewatkan waktu sehari yang berputar khadi di bantuan
gerakan kemerdekaan. Upaya ini merupakan strategi untuk menanamakan disiplin
dan pengabdian untuk menyingkirkan yang tak rela dan ambisius, serta memasukkan
wanita dalam gerak-gerik pada waktu ketika banyak berpikir bahwa aktivitas
seperti itu adalah aktivitas terhormat bagi wanita. Disamping memboikot produk
Inggris, Gandhi mendesak orang untuk memboikot lembaga dan pengadilan
kependidikan Inggris, mengundurkan diri dari pekerjaan pemerintah dan
meninggalkan hak serta kehormatan Inggris. “Non-kerjasama” menikmati tersebar luas
permohonan dan keberhasilan, kegemparan meningkat dan partisipasi dari semua
lapisan masyarakat India.
Ketika baru saja selama gerak-gerik mencapai puncaknya, berakhir dengan
tiba-tiba akibat bentrokan keras di kota
Chauri Chaura, Uttar Pradesh, pada Februari 1922.
Khawatir bahwa gerak-gerik baru saja
ingin mengambil antisipasi terhadap kekerasan, diyakinkan bahwa ini akan
menyebabkan terhapus seluruh kerjanya, Gandhi menghentikan kampanye
ketidakpatuhan sipil massal. Gandhi ditangkap pada 10 Maret, 1922, diadili
akibat ada hasutan dari pihak luar, dan dijahi hukuman penjara selama enam
tahun. Dia dilepaskan pada 4 Februari 1924 sesudah pelaksanaan untuk radang
usus buntu. dengan tidak dapat dipersatukan kepribadian oleh Gandhi, Kongres
Nasional India mulai menyerpih selama bertahun-tahun pada penjara, lalu pecah
menjadi dua fraksi, yakni satu memimpin dan partisipasi partai lebih menyukai
Chitta Ranjan Das dan Molital Nehru di badan pembuat undang-undang, dan yang
lain dipimpin oleh Chakravarti Rajagopalachari dan Sardar Vallabhbhai Patel,
menentang langkah ini. Selanjutnya,terjalin kerjasama antara hindus dengan
orang muslim, yang sudah kuat di puncak kampanye tindakan tanpa kekerasan.
Gandhi mencoba mejembatani perbedaan ini lewat banyak cara, termasuk puasa tiga
minggu pada musim gugur 1924, tetapi dengan keberhasilan terbatas.
Gandhi menjauhkan diri dari pusat
perhatian untuk kebanyakan 1920s, lebih suka memecahkan baji di antara Swaraj
Party dan Kongres Nasional India, dan memperluas inisiatif terhadap
untouchability, alkoholisme, ketidaktahuan dan kemiskinan. Dia kembali ke yang
depan 1928. Tahun lalu,sudah mengangkat komisi perbaikan konstutusional yang
baru di bawah Sir John Simon, dengan tidak ada satu orang India yang memiliki jabatan. Hasil
boikot komisi oleh partai poltik India. Gandhi mendesak lewat
pemecahan di Calcutta Congress pada Desember 1928 mempersilahkan pemerintah
Inggris untuk memberi status dominion India atau muka kampanye baru tindakan
tanpa kekerasan dengan kemerdekaan sebenarnya untuk negara sebagai
cita-citanya.
Gandhi tak hanya telah meredakan
pemandangan laki-laki yang lebih muda seperti Has Chandra Bose dan Jawaharlal
Nehru, yang meminta permintaan untuk kemerdekaan segera, tetapi juga mengubah
menilponnya sendiri samapi masa menunggu satu tahun, lebih baik daripada dua.
Orang Inggris tidak menganggapinya. Pada 31 Desember 1929, bendera India dibentangkan di Lahore. Pada 26 Januari 1930 dirayakan oleh
Kongres Nasional India, bertemu di Lahore,
sebagai hari kemerdekaan India.
Hari tersebut hampir diperingati oleh setiap organisasi di India.
Menempati katanya, Gandhi meluncurkan
Satyagraha melawan pajak atas garam pada Maret 1930, disoroti oleh Pelaut ulung
terkenal yang Maret kepada Dandi sejak 12 Maret samapai 6 April, menyuruh 400
kilometer pergi(248 mil) dari Ahmedabad kepada Dandi, untuk membuat garam
sendiri. Ribuan orang India
menghubungkannya atas baris ini samapai laut. Kampanye ini adalah salah satunya
paling berhasil dalam mengganggu kekuasaan Inggris (Britan)menjawab dengan
memenjarakan di atas 60.000 orang. Pemerintah yang diwakili oleh Lord Erward
Irwin, mengambil keputusan untuk melakukan perundingan dengan Gandhi.
Perjanjian Gandhi-Irwin ditandatangani pada Maret 1931. pemerintah Inggris
menyetujui membebaskan semua tawanan politik untuk sistem penggantungan roda
gerak-gerik ketidakpatuhan sipil. Selanjutnya, Gandhi dipersilahkan menghdiri
Konferensi Meja Bundar di London sebagai satu-satunya wakil Kongres Nasional India.
Konferensi merupakan kekecewaan kepda Gandhi dan orang nasionalis, sewaktu
memusatkan pikiran pada pangeran India
dan minoritas India
daripada serah teriam tenaga. Selanjutnya, pengganti Lord Irwin, Lord
Willingdon, memulai kampanye baru penindasan melawan orang nasionalis.
Gandhi ditangkap dan pemerintah
berusaha menghancurkan pengaruhnyadan benar-benar mengisolasikannya dari
pengikutnya. Taktik ini tidak berhasil. Pada tahun 1932, lewat aksi kampanye
yang dipimpin Dalit B. R. Ambedkar, pemerintah memberi untouchables memisahkan
pemilih di bawah undang-undang dasar baru. Dia menyanggah, Gandhi memulai puasa
enam hari pada September 1932, dengan berhasil memaksa pemerintah untuk
mengambil perjanjian yang lebih merata via perundingan menengahi oleh Dalit
Cricketer menjadi pemimpin politik Palwankar Baloo. Ini merupakan permulaan
kampanye baru oleh Gandhi untuk memperbaiki jiwa untochaebles, yang disebutnya
Harijans, anak Tuhan. Pada 8 Mei, 1933 Gandhi memulai puasa 21 hari pembersihan
diri sendiri untuk menolong gerak-gerik Harijan.
Gandhi mendedikasikannya hidupnya
dengan tujuan diketahuinya kebenaran secara lebih luas, atau Satya. Dia mencoba
mencapai ini dengan mendapat pelajaran dari kesalahannya sendiri dan mengadakan
eksperimen pada diri sendiri. Dia menganggap autobiografinya Cerita Eksperimen
Saya dengan Kebenaran. Gandhi menyebutkan bahwa pertempuran yang paling penting
sampai perjuangan melanda setannya sendirin, ketakutan, dan kegelisahan. Gandhi
meringkaskan kepercayaannya terlebih dulu ketika ia mengatakan “Tuhan adalah
Kebenaran”. Dia nanti akan mengubah pernyataan ini samapi “Kebenaran adalah
Tuhan”. Dengan begitu, Satya (Kebenaran) di filsafat Gandhi adalah Tuhan.
Konsep tindakan tanpa kekersan (Ahimsa)
memilliki sejarah panjang di pemikiran agama India dan sudah banyak memiliki
kebangkitan kembali di Hindu, Budha, Jain, konteks Yahudi dan Kristen. Gandhi
menerangkan filsafat dan cara hidupnya di autobigrafinya Cerita Eksperimen Saya
dengan Kebenaran. Gandhi tidak menolak keras dari membawa mereka ke ekstrem
mereka yang logis. Pada 1940 ketika serbuan Kepulauan Inggris oleh Nazi Germany
nampak dekat, Gandhi menawari pengikut-pengikut penasehat kepada orang Inggris.
Gandhi tahu bahwa derajat tindakan tanpa kekerasan ini memerlukan kepercayaan
dan keberanian luar biasa, yang ia sadari tidak ada satupun orang jahat. Oleh
karena itu beliau menasehatkan bahwa setiap orang tidak perlu merngikutu
tindakan tanpa kekerasan, khusunya jika dipakai sebagai tutup untuk tindakan
pengecut.
Gandhi sebagai seorang anak muda,
mengadakan percobaan dengan makan daging. Hal ini disebabkan oleh keingintahuannya
yang tidak terpisahkan serta teman sebayanya yang cukup persuasif dan teman
Syekh Mehtab. Gagasan vegetarianisme secara mendalam engrained pada tradisi
Hindu dan Jain di India, dan di negeri aslinya di Gujarat,
kebanyakan Hindus vegetaris. Keluarga Gandhi tidak terkecuali. Sebelum pergi
untuk studinya di London,
Gandhi berjanji kepada ibunya, Putlibai dan pamanya, Becharji Swami bahwa dia
akan berpantang dari makanan daging. Mengambil alkohol, dan terlibat dalam
kebinalan. Dia memegang dengan cepat teguh janjinya dan mendapat lebih dari
diet, dia mendapat dasar untuk filsafat hidup-panjangnya. Sewaktu gandhi cukup
besar untuk dewasa, dia menjadi seorang vegetarian streng.
Dia menulis buku “Dasar Moril
Vegetarianisme” dan beberapa artikel tau subyek, beberapa diantaranya
diterbitkan di penerbitan Masyarakat Vegetaris London, Vegetarian. Gandhi
sendiri menjadi seseorang yang diilhami oleh banyak pikiran luar biasa selama
titik ini dan menemani ketua Masyarakat Vegetaris London, Dr. Josiah Olfield.
Gandhi bersungguh-sungguh percaya bahwa
orang yang dilibatkan di Industri Jawa sosial sebaiknya menempuh hidup
sederhana yang pikirnya bisa menuju ke Brahmacharya (kontrol pengertian pada
pemikiran, kata dan perbuatan). Gandhi dilahirkan sebagai beragama Hindu dan
practised Hinduism seluruh hidupnya, berasal dari kebanyakan prinsipnya dari
Hinduism. Sebagai Hindu kebanyakan, dia percaya kepada semua agama untuk
menjadi setara, dan menolak semua usaha untuk mengubahnya sampai kepercayaan
berbeda.
Kebanyakan sumber, seperti Dutta dan
Rabindranath Tagore Robinson: Antologi menyebutkan bahwa Rabindranth Tagore
memberi hak Mahatma kepada Gandhi. Sumber lain menyebutkan bahwa Nautamlal
Bhagavanji Mehta memberinya hak ini pada 21 Januari 1915. Namun di
autobiografinya, Gandhi menerangkan bahwa dia tidak pernah merasa terhormat.
Menurut manpatra, nama Mahatma diberi sebaga tanda jasa pengorbanan serta
perjuangan yang mengagumkan dalam menegakkan kebenaran dan keadilan.
0 komentar: